Makalah Bahaya Narkoba

Makalah Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Dan Generasi Muda

Kata Pengantar
Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah Tuhan YME atas nikmat sehat dan luangnya waktu yang menyertai proses penyusunan makalah ini sehingga makalah ini dapat disusun dan selesai sesuai dengan harapan dan waktu yang ditetapkan. Shalawat serta salam kita haturkan kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW.

Penyusunan makalah ini selain sebagai bagian dari tugas sekolah (mata kuliah) tentunya besar harapan kami makalah ini dapat dijadikan sebagai media sosialisasi akan dampak bahaya narkoba baik bagi bagi kesehatan tidak lain bertujuan untuk mensosialisasikan tentang bahaya narkoba dikalangan pelajar dan generasi muda dan yang terakhir kami sebagai penulis tidak lupa mohon saran dan kritik dari segala kekurangan baik itu dari isi atau kosa kata yang terdapat pada makalah ini.
Terimakasih.
Penulis
Fauzy Ahmad

DAFTAR ISI

Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi

BAB I          Pendahuluan
                    1.1. Latar Belakang
                    1.2. Tujuan Penulisan
                    1.3. Ruang Lingkup
                    1.4. Sumber Data
                    1.5. Metode

BAB II         Pembahasan dan Isi
                    2.1. Pengertian dan Jenis jenis Narkoba
                    2.2. Bahaya Narkoba Bagi Pelajar dan Generasi Muda
                    2.3. Upaya Pencegahan Penggunaan Narkoba

BAB III        Penutup
                    3.1. Kesimpulan
                    3.2. Saran

Daftar Pustaka

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
       Narkoba dan Narkotika yang sejatinya adalah zat yang digunakan dalam dunia medis untuk berbagai pengobatan namun seiring waktu berbalik menjadi ancaman dan memiliki efek yang sangat buruk bagi kesehatan dan mental manakala digunakan tidak sesuai dengan dosis dan tujuan semestinya. Tidak hanya buruk bagi kesehatan dan perkembangan mental pelakunya namun juga berdampak pada lingkungan sosial dengan meningkatnya kriminalitas yang diakibatkan pengaruh dari zat narkoba
          Pelajar dan generasi muda secara umum memiliki semangat dan visi yang melahirkan ide-ide kreatif untuk perkembangan individu maupun untuk lingkungan sosial namun disisi lain usia remaja adalah masa pencarian jati diri yang sedikit banyak mempengaruhi pola fikir dan mudah terbawa arus dan terpengaruh hal-hal yang negatif yang salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba
          Seiring perkembangan informasi yang begitu pesat, perkembangan akan peredaran narkoba sudah pada tahap kritis dan sangat mengkhawatirkan. Terlebih lagi yang menjadi target dan incaran para pengedar tidak lain adalah usia muda yang memiliki emosi labil yang mudah di pengaruhi dengan berkedok trend dan zaman
1.2.Tujuan Penulisan
  1. Sebagai media sosialisasi dan informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan narkotika bagi kesehatan dan dampaknya terhadap lingkungan sosial.
  2. Sebagai referensi bagi siswa-siswi untuk membuat makalah bahasa indonesia ataupun makalah tentang narkoba dalam rangka untuk memenuhi tugas sekolah.
1.3. Ruang Lingkup
                Ruang lingkup dari penulisan makalah ini adalah mencakup aspek tentang pengertian narkoba, jenis-jenis narkoba dan bahayanya bagi kesehatan
1.4  Sumber Data
  1. Referensi pengertian dan jenis-jenis narkoba
  2. Referensi bahaya narkoba bagi kesehatan dan generasi muda


1.5. Metode
                Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah dengan menggunakan metode tinjauan dari beberapa sumber yang berkompeten dalam permasalahan narkoba dan lingkungan sosial
BAB II
PEMBAHASAN DAN ISI

2.I Pengertian Narkoba Dan Jenis-Jenis Narkoba

Pengertian Narkoba Menurut BNN
Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan obat/bahan berbahaya. Dalam istilah lain yang diterangkan oleh kementrian kesehatan Republik Indonesia adalah napza yang merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan zat adiktif. Dari kedua istilah ini baik "narkoba" "napzasemua mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki resiko kecanduan bagi pengunanya.
Pengertian narkoba menurut para ahli
  1. Pengertian narkoba menurut Kurniawan (2008). Narkoba adalah Zat kimia yang dapat mengubah psikologi seperti perasaan, fikiran, suasana hati serta prilaku jika masuk kedalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena dan lain sebagainya.
  2. Pengertian narkoba menurut Jackobus (2005). Narkoba adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman dan bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, mengurangi sampai menghilangkan rasa dan dapat menimbulkan ketergantungan.
  3. Pengertian narkoba menurut Ghoodse (2002). Narkoba adalah zat kimia yang dibutuhkan untuk merawat kesehatan, ketika zat tersebut masuk kedalam organ tubuh maka terjadi satu atau lebih perubahan fungsi didalam tubuh. lalu dilanjutkan lagi ketergantungan secara fisik dan psikis pada tubuh, sehingga bila zat tersebut dihentikan pengkonsumsiannya maka akan terjadi gangguan secara fisik dan psikis.
  4. Pengertian narkoba menurut Wresniwiro (1999). Narkoba adalah zat atau obat yang dapat mengakibatkan ketidaksadaran atau pembiusan, karena zat-zat tersebut bekerja mempengaruhi saraf sentral.
  5. Pengertian narkoba menurut Wartono (1999). Narkoba adalah dampak yang ditimbulkan antaralain dapat berupa gangguan konsentrasi dan penurunan daya ingat bagi pemakai, sedangkan dampak sosialnya dapat menimbulkan kerusuhan di lingkunan keluarga yang menyebabkan hubungan pemakai dengan orang tua menjadi renggang, serta menimbulkan perilaku yang tidak diinginkan seperti pencurian atau penodongan.
  6. Pengertian narkoba menurut Ikin A.Ghani, Narkoba adalah berasal dari kata Narkon yang berasal dari bahasa yunani yang artinya beku dan kaku. Dalam ilmu kedokteran juga dikenal istilah Narcoseatau Narcicis yang berarti membiuskan.
  7. Pengertian narkoba menurut Soerdjono Dirjosisworo, Narkoba adalah zat yang bisa menimbulkan pengaruh tertentu bagi yang menggunakannya dengan memasukkan kedalam tubuh,  pengaruh tersebut bisa berupa pembiusan, hilangnya rasa sakit, rangsangan semangat dan halusinasi atau timbulnya khayalan-khayalan. Sifat-sifat tersebut yang diketahui dan ditemukan dalam dunia medis bertujuan dimanfaatkan bagi pengobatan dan kepentingan manusia dibidang pembedahan, untuk menghilangkan rasa sakit dan lain-lain.
  8. Pengertian narkoba menurut Smith Kline dari French clinical (1968). Narkoba adalah zat-zat atau obat yang dapat mengakibatkan ketidaksadaran atau pembiusan dikarenakan zat-zat tersebut bekerja mempengaruhi susunan saraf sentral. Dalam definisi ini sudah termasuk jenis candu dan turunan candu (morphine, codein, heroinedan candu sintesis (Meperidinedan  Metadone).
  9. Pengertian narkoba menurut B. Simanjuntak, Narkoba berasal dari kata "Narcissus" sejenis tumbuh-tumbuhan yang mempunyai bunga yang dapat membuat orang menjadi tak sadar.
Pengertian narkoba menurut pakar kesehatan
Menurut pakar kesehatan Narkoba adalah Psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu. namun persepsi itu disalahgunakan akibat pemakaian yang melibihi batas (over dosis)


Jenis-Jenis Narkoba


1. Narkotika : Jenis dari narkotika ini terbagi lagi diantaranya:
Opium atau Opiat (Candu) : Merupakan golongan narkotika alami yang biasanya sering digunakan dengan cara dihisap
Morfin Merupakan zat aktif (Narkotika) yang diperoleh dari candu melalui proses kimia yang mana cara     pemakaiannya disuntik di bawah kulit , ke dalam otot atau pembuluh darah
Heroin atau putaw : Merupakan golongan narkotika semisintetis yang dihasilkan dari pengolahan morfin secara kimiawi melalui 4 tahapan sehingga diperoleh heroin paling murni berkadar 80%-90%. Meskipun heroin ini adalah hasil pengolahan dari morfin namun zat ini sangat mudah menembus otak dan memiliki reaksi yang lebih kuat dari morfin itu sendiri
Ganja atau kanabis : Berasal dari tanaman kanabis sativa dan kanabis indica, pada tanaman ini terkandung 3 zat utama yaitu tetrahidrokanabinol, kanabinol, dan kanabidiol. Cara penggunaannya dengan dihisap dipadatkan menyerupai rokok atau menggunakan pipa rokok
2. Psikotropika : Jenis-jenis dari psikotropika ini diantaranya :
Ekstasi - Demerol  - Angel Dust - Sabu-sabu - Sedatif-Hipnotok (Benzodiazepin/BDZ) - Megadon - Nipam

3. Zat Adiktif : Zat Adiktif merupakan zat-zat yang apabila dikonsumsi secara rutin akan mengakibatkan ketagihan diantaranya: Alkohol, Nikotin, Kafein, Zat Desainer

2.2 Bahaya Narkoba Bagi Pelajar Dan Generasi Muda
                Selain bahaya narkoba bagi kesehatan, narkoba juga berdampak langsung terhadap lingkungan sosial terutama generasi muda yang dikenal memiliki emosi yang labil sehingga sangat rentan dan mudah untuk terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Banyak kasus dari pecandu narkoba adalah dari kalangan remaja dan alasannya beragam diantaranya menggunakan narkoba untuk keluar dari permasalahan yang dihadapi, hanya untuk coba coba, mengikuti gaya hidup dari pergaulan dan masih banyak alasan yang sangat tidak sebanding dengan resikonya yang tentu saja berkaitan dengan menurunnya kesehatan hingga kematian, hilangnya kreatifitas, terganggunya proses belajar baik di lembaga pendidikan formal maupun non formal.

2.3 Upaya Pencegahan Penggunaan Narkoba
                Upaya pencegahan penggunaan narkoba dapat dimulai dari lingkungan terdekat yaitu keluarga dan berikutnya adalah lingkungan pergaulan, lingkungan pendidikan sampai pada lingkungan organisasi jika perlu.
Di linkungan keluarga peran aktif orang tua sangat dibutuhkan baik itu dengan memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba ataupun dengan mengarahkan pada kegiatan positif, begitu juga dengan lingkungan pendidikan hendaknya diadakan sosialisasi anti narkoba baik itu berupa tugas pembuatan makalah, pentas seni dan budaya dengan tema anti narkoba dan masih banyak lagi ide-ide yang bisa digunakan untuk mensosialisasikan bahaya narkoba.

BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
                Dari uraian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa narkoba adalah zat berbahaya bagi tubuh yang dapat mengakibatkan kecanduan pada penggunanya dan narkoba memiliki banyak jenis dan efek negatif sesuai dengan jenisnya. Dampak negatif dari penggunaan narkoba adalah menurunnya kesehatan bahkan kematian dan hilangnya kreatifitas dan potensi yang dimiliki oleh pemuda sebagai generasi penerus.
                    Penyalahgunaan narkoba dapat dihindari dengan banyak cara dimulai dari lingkungan keluarga, lembaga pendidikan dan lingkungan sosial. Pentingnya sosialisai anti narkoba juga dapat memberikan pemahaman dan mencegah sejak dini dari penggunaan narkoba.
3.2 Saran
                    Pesatnya dunia informasi hendaknya disikapi dengan positf dan bijak begitu juga dalam memilih lingkungan pergaulan adalah salah satu cara paling efektif untuk terhindar dari maraknya penggunaan narkoba. Kesehatan adalah anugerah yang patut kita jaga dan syukuri, dengan badan yang sehat tentunya akan lahir ide dan kreatifitas dan semua itu tentu sangat mustahil dapat terwujud jika otak kita dipengaruhi zat narkoba. Tidak logis jika kesehatan dan kreatifitas ditukar dengan kenikmatan semu penggunaan narkoba apapun alasannya.

Daftar Pustaka

Badan Narkotika Nasional Indeks Pengertian Narkoba
Depkes, directorat kesehatan jiwa masyarakat, informasi penanggulangan penyalahgunaan narkoba secara terpadu, pedoman bagi keluarga, 2001
Badan Narkotika Dalam Penanggulangan Bahaya Narkoba di Kalangan Remaja . Jakarta : Prestasi Pustaka Publishr
Wikipedia Page Artikel Narkoba
Kartono, Kartini 1992 Patologi II Kenakalan Remaja Jakarta : Rajawali

Loading...


EmoticonEmoticon