Makalah Paragraf Argumentasi

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis hanturkan ke hadirat Alla SWT, karena atas ridho-Nyalah, penulis dapat menyelesaikan makalah sosiologi ini.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu menulis dalam menyelesaikan makalah ini. Penulis menyadari banyak kesalahan yang terdapat dalam makalah ini. Oleh karena itu penulis mohon maaf dan penulis sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca demi sempurnannya makalah ini.
Akhir kata, penulis berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
  
DAFTAR ISI

Bab 1 Pendahuluan
1.1. latar belakang....................................................................................................
1.2. Rumusan Masalah.............................................................................................
1.3. Manfaat..............................................................................................................       
Bab 2 Pembahasan
2.1. Pengertian paragraf argumentasi......................................................................
2.2.PolaPengembangan paragraph argumentasi......................................................
2.3. Langkah-langkah menyusun argumentasi.........................................................          
2.4. Contoh paragraf argumentasi.............................................................................

Bab 3 Penutup
3.1. Kesimpulan.......................................................................................................
3.2. Saran..................................................................................................................
Daftar Pustaka.........................................................................................................
  
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang
Kami menyusun maklah ini agar dapat memahami mengenai paragraf argumentasi, pola pengembangan paragraf argumentasi, langkah-langkah menyusun paragraf argumentasi, dan kami dapat memberikan contoh paragraph argumentasi, selain itu kami menyusun makalah ini untuk memenuhi salah satu tujuan pembelajaran yaitu mengenai paragraf argumentasi.     
1.2.  Rumusan masalah    
a)    Menjelaskan pengertian paragraf argumentasi !
b)   Bagaimana pola pengembangan paragraf argumentasi !
c)    Menyebutkan langkah-langkah menyusun paragraf argumentasi !
d)   Memberikan contoh paragraf Argumentasi !
1.3.  Manfaat
Manfaat kami menyusun makalah ini yaitu kami dapat mengetahui tentang paragraph argumentasi secara luas karena di dalam makalah ini di jelaskan mengenai paragraf argumentasi, pole pengembangan, langkah-langkah dan contoh paragraf argumentasi.
BAB II
PEMBAHASAN

1.1.  Pengertian Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi adalah paragraf yang isinya disertai alas an-alasan dan karangan yang membuktikan kebenaran tentang sesuatu dan alasan untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat pendirian atau gagasan atau pendapat penulis dengan di sertai bukti-bukti dan fakta. Dan paragraf ini merupakan paragraf yang berusaha umumnya kesulitan pertam membuat tulis ilmiah adalah mengungkapkan pikiran menjadi kalimat dalam bahasa ilmiah .
2.2.  Pola pengembangan paragraf argumentasi
a)    Pola pengembangan definisi
Paragraf argumentasi yang dikembangkan berdasarkan definisi dan biasanya menggunakan kata (yaitu, yakni, adalah, dan merupakan).
b)   Pola Pengembangan sebab akibat
Pola pengembangan ini biasanya menghubungkan antar kalimat menggunakan kata penghubung antara lain (Sebabnya, akibatnya, sehingga, karena, oleh karena itu, dan oleh sebab itu).
c)    Pola pengembangan persamaan
Paragraf argumentasi yang di kembangkan berdasarkan dua data dan fakta yang di simpulkan seolah-olah memiliki kesamaan.
d)   Pola pengembangan perbandingan
Paragraf argumentasi yang di kembangkan berdasarkan atas perbandingan dua hal pendapat atau pengertian ( pendapat mana atau pengertian mana yang lebih kuat atau banyak di akui banyak orang ).
2.3.  Langkah-Langkha Menyusun Paragraf Argumentasi
a)    Memilih topic karangan
b)   Mengembangkan pendahuluan
c)    Mengembangkan isi karangan
d)   Membuat penutup karangan
2.4.  Contoh Paragraf Argumentasi
Kerusakan Lingkungan
Kerusakan lingkungan sebenarnya sudah banyak terjadi di hampir seluruh wilayah yang ada didunia, dan itu semua karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab atas ulah ulahnya. Kerusakan lingkungan juga biasanya di sebabkan oleh tidak adanya lagi perawatan dan kepedulian para warga terhadap lingkungan tersebut. Namun walaupun kita juga tahu kalau lingkungan kita sudah rusak , tetapi kita juga masih saja tidak memperdulikan lingkungan .
Setelah itu dari kerusakan lingkungan kita juga bisa merasakan hal hal yang tidak kita inginkan , namun kita malah tidak menghindari hal - hal yang tidak di inginkan itu , mengapa ? itu semua karena manusia itu mempunyai sifat egois yang sudah terlalu tinggi . Tetapi memang di dunia ini masih ada beberapa manusia yang masih peduli pada lingkungan tetapi tidak melebihi dari 50 % manusia yang ada didunia . Contohnya : Disekolah mungkin hanya ada 10 siswa dari beratus ratus siswa yang peduli pada lingkungan , atau mungkin tidak ada sama sekali 
Itu semua terjadi sebab polusi yang berlebihan , tidak ada penghijauan , penebangan hutan secara liar , buang sampah secara sembarangan yang tidak mau bertanggung jawab . Seandainya semua manusia di dunia ini mempunyai rasa tanggung jawab seperti saya , mungkin saja saat ini semua lingkungan akan terjaga rapih dan bersih.
Selain itu banyak akibat akibat yang akan kita dapatkan ketika kita merusak lingkungan misalnya , polusi udara dimana mana yang membuat kita sesak bernafas , selanjutnya penebangan pohon secara liar yang membuat tidak ada tempat penyerapan air , dan yang semoga semua manusia lakukan adalah untuk penghematan energi . Apabila kita peduli pada lingkungan marilah kita lakukan penjagaan terhadap lingkungan agar terlihat rapih dan bersih seperti dahulu seperti dahulu yang bersih dan rapih.
Dan kesimpulan dari tulisan saya ini , saya ingin agar semua orang bisa berlaku untuk menjaga lingkungan apapun halangannnya , semampunya lah untuk menjaga lingkungan.
  
BAB III
PENUTUP

3.1.  Kesimpulan
Dengan mendalami permasalahan tersebut, para siswa termaksud yang akan menjadi penerus generasi penerus perjuangan bangsa akan selalu menaruh kewaspadaan di lingkungan hidupnya sehingga bangsa Indonesia akan memperoleh ketahanan nasional yang tangguh dalam menyikapi kerusakan lingkungan. Apa yang kita lakukan selama ini belum cukup dan harus di tingkatkan terus menerus apabila sebab kita lambat untuk tidak dapat memberikan kehidupan lebih baik maka tidak akan terlaksana seperti apa yang kita cita-citakan bersama.
3.2.  Saran
Sebagai warga Negara yang taat dan patuh kepada Negara sebaiknya kita melestarikan lingkungan hidup sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat Indonesia.
  
DAFTAR PUSTAKA

- Warnadi, Sunarto, Muchdiwati, 1996. Pendidikan lingkungan hidup. Jakarta : Departemen  pendidikan dan kebudayaan.
-  Pengurus besar persatuan guru republic Indonesia (PGRI) 1990. Suara guru no.4 tahun xxx1x 30 april 1990.

loading...


EmoticonEmoticon