MAKALAH TENTANG TAMADUN MELAYU



KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam yang telah memberikan hidayah dan anugerahnya sehingga saya dapat menyusun makalah TAMADUN MELAYU (ISLAM DAN PENGARUHNYA) yang telah diberikan oleh dosen pengampu  yaitu (Bpk SUNANDAR M.Hum). Selain itu, kami  juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak atau referensi yang ikut serta membantu dalam pembuatan makalah TAMADUN MELAYU (ISLAM DAN PENGARUHNYA) ini sehingga makalah ini dapat tersusun.
Dengan terbatasnya waktu, pengetahuan, serta buku (referensi) untuk penyusunan tugas terstruktur ini,maka saya mengalami sedikit kesulitan untuk menyajikan sebuah makalah dengan bahasan yang lengkap.dengan keterbatasan itu,maka makalah ini cenderung lebih menekankan pada pembahasan pokok
Saya juga menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangannya sehingga masih jauh dari kesempurnaan, Oleh karena itu, kritik dan sarannya dari pembaca demi kesempurnaan makalah yang saya  susun ini sangatlah diharapkan.
Semoga kita selalu dalam bimbingan Allah SWT Tuhan yang Maha Esa.















BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Keberadaan islam di rantau melayu yang terdiri dari daratan dan kepulauan yang banyak jumlah nya telah Berjaya membina satu imej baru kepada masarakat rantau melayu. Alam melayu Berjaya menampilkan sebuah tamadun yang gemilang terutama setelah kedatangan islam ke rantau ini. Umat melayu Berjaya membina kecemerlangan dan ke gemilangan dalam berbagai bidang di mulai dengan ke agungan pemerintahan, kemantapan ekonomi dan kemurnian budaya serta social. Kejayaan ini di bina oleh generasi awal berasaskan pemahaman agama islam yang berteras tauhid.
Sebelum islam Berjaya di bangsa melayu, bangsa melayu mempunyai sejarah sebelum masuknya islam, kedatangan islam dan pengaruh agama islam terhadap tamadun melayu. Dan orang sering mengaitkan bahwa melayu itu beragama islam dan dari sinilah pemakalah akan mengulas pembahasan islam san hubungan dengan tamaddun melayu.
Pengertian tamadun yang berasal dari kata Arab “maddana” yang berarti peradaban, dapat diartikan sebagai keadaan atau kondisi kehidupan bermasyarakat yang bertambah maju. Oleh karenanya, melalui Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara, berbagai fenomena yang terkait dengan kehidupan masyarakat Melayu, serta berbagai aspek yang menyertainya akan dipelajari, dikaji diteliti, dan dikembangkan oleh para peneliti baik yang berasal dari UI maupun dari luar UI. Berbagai hasil penelitian yang nantinya akan dihasilkan oleh Pusat Kajian Tamadun Melayu Nusantara dapat memberikan sumbangan atau kontribusi yang signifikan bagi UI yang telah mencanangkan sebagai universitas riset yang bertaraf nasional maupun internasional.
Hal yang menarik adalah penelitian tentang Tamadun Melayu Nusantara dapat dilakukan dengan pendekatan yang bersifat multidisiplin atau interdisiplin. Untuk itulah diperlukan juga suatu dialog kritis melalui berbagai kerjasama dari berbagai pihak, baik institusi UI maupun institusi di luar UI, agar penelitian tentang Tamadun Melayu Nusantara dapat bermanfaat secara pragmatis bagi pendidikan, penelitian, dan masyarakat luas yang membutuhkan wawasan kajian Tamadun Melayu Nusantara dengan benar.

 Halaman selanjutnya  HAL...1   HAL...2   HAL...3    HAL...4

Loading...


EmoticonEmoticon