Ciri Ciri Gagal Ginjal Lengkap



Terletak di perut bagian belakang kanan dan kiri, ginjal adalah organ vital dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan elektrolit, memproduksi sel darah merah, dan mengontrol tekanan darah. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring produk limbah dalam darah, dan penyakit gagal ginjal terjadi ketika organ ini kehilangan kemampuan penyaringan; menyebabkan penumpukan limbah beracun dalam tubuh, dan mengakibatkan susunan kimiawi darah menjadi rusak.
Oleh karena itu, penyakit gagal ginjal adalah suatu kondisi kesehatan yang sangat serius, namun dapat dimulai dengan gejala yang ringan, samar-samar sehingga sering tidak terdeteksi, namun perlahan tapai pasti penyakit ginjal ini akan memberat dari waktu ke waktu. Biasanya, kebanyakan pasien yang menderita gagal ginjal telah hidup dengan penyakit ginjal selama beberapa waktu, sebelum ciri-ciri gagal ginjal muncul. Ginjal yang sehat adalah faktor penting yang menentukan umur panjang seseorang, sehingga mencermati setiap gejala dan tanda yang menunjukkan gagal ginjal adalah kunci utama untuk mencari pengobatan dini.
Apa Ciri-Ciri dan Gejala Gagal Ginjal yang bisa Kita Amati?
Berikut adalah 10 gejala gagal ginjal yang berhasil kami himpun dengan harapan agar dapat memudahkan bagi pembaca untuk memahaminya.
1.    Perubahan Buang air kecil
Ginjal bekerja keras sepanjang hari untuk menghasilkan urin; Oleh karena itu, ketika ia tidak bekerja secara normal, maka yang langsung dapat kita amati adalah adanya perubahan atau tanda-tanda abnormal pada urin.
·         Sering Kencing. Gejala pertama dan terpenting adalah sering buang air kecil, terutama pada malam hari, mungkin merupakan indikasi awal bahwa seseorang bisa menderita gagal ginjal.
·         Perubahan warna Urin. Hal lain yang dapat kita lihat adalah warna urin; yang biasanya berwarna kuning jernih menjadi keruh atau kuning keckolatan. Penting juga untuk diperhatikan bahwa orang-orang yang banyak minum air putih sepanjang hari mungkin memiliki warna lebih terang dari urin, itu tidak harus jelas, melainkan redup kuning.
·         Urin berbusa. Perubahan lain dalam buang air kecil yaitu urin berbusa, atau hampir tampak seolah-olah berbuih.
·         Kencing Berdarah. Darah dalam urin juga merupakan tanda-tanda bahwa ginjal berada dalam kesulitan.
·          
2.    Bengkak pada Tungkai
Ketika ginjal berhenti bekerja secara normal, maka ada banyak cairan ekstra yang gagal di buang oleh tubuh, cairan ini akan menempati ruang di mana saja di dalam tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri-ciri gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan. Pada awalnya, sebagian besar individu melihat pergelangan kaki mereka bengkak pada malam hari, atau wajah bengkak entah dari mana; dan kemudian mereka dapat mulai melihat pembengkakan meluas ke area lain dari tubuh. Namun perlu dipahami, bahwa tungkai bengkak bisa menjadi tanda dan gejala dari berbagai penyakit lainnya, yang tidak berhubungan dengan gagal ginjal. Jika Anda melihat ini terjadi pada Anda atau keluarga Anda, maka sangat kami anjurkan untuk berkunjung ke dokter guna memastikan penyebabnya.

3.    Kelelahan Ginjal
bekerja keras sepanjang hari, tidak hanya memproduksi urine, tetapi juga membuat erythropoietin, yang merupakan hormon yang diperlukan untuk membuat sel-sel darah merah. Ketika ginjal rusak, maka produksi erythropoietin bisa turun dan sebagai akibatnya bisa terjadi anemia. Untungnya, anemia dapat diobati dengan penanganan yang tepat, bagaimanapun, anemia ini bukan satu-satunya alasan mengapa orang-orang yang menderita penyakit ginjal dan gagal ginjal tamak begitu lelah atau lemas.
Alasan lain yaitu ketidakseimbangan elektrolit, yang dapat menyebabkan kelemahan otot. Sayangnya, mereka yang menderita gagal ginjal akhirnya merasa lemah dan lelah, bahkan setelah istirahat cukup. Kelelahan ini akan mengganggu rutinitas sehari-hari secara signifikan, di mana pasien begitu lelah, mereka tidak dapat pergi bekerja, atau bahkan melakukan tugas sederhana seperti membersihkan rumah, berpakaian, atau bahkan menyiapkan makanan.

4.    Kulit gatal
Ginjal juga mengambil partikel limbah dari darah, sehingga ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik pada individu, hasilnya limbah tubuh akan keluar melalui darah dan menyebar ke kulit. Dengan demikian, maka terjadilah gejala gagal ginjal berupa kulit kering, bercak kulit gatal di seluruh tubuh yang sering muncul pada tungkai, punggung, kepala, dan dada. gatal parah ini bisa sangat tidak nyaman, dan dapat mengalihkan perhatian pasien dari kegiatan sehari-hari. Obat gatal berupa krim tidak bisa meredakan gatal ini, dan memeriksakan diri ke dokter merupakan suatu keharusan.

5.    Mulut Rasa Logam
Ketika seseorang menderita masalah ginjal, dia juga bisa mengalami uremia; salah satu tahap akhir penyakit ginjal. Pada kondisi ini partikel limbah menumpuk berlebihan di dalam tubuh seseorang, salah satu gejala yang dirasakan adalah mulut terasa tak enak seperti ada rasa logam di mulut. Oleh karena itu, makanan akan terasa berbeda, dan sering beberapa penderita penyakit ginjal melaporkan mereka tidak lagi bisa mengkonsumsi beberapa makanan favorit, seperti daging, atau roti karena rasa busuk di mulut. Kemudian, terjadilah efek domino akibat kehilangan selera makan ini, dengan tidak adanya vitamin dan mineral yang memasuki tubuh, maka akan meningkatkan rasa lelah dan lemah yang sudah ada.

Loading...


EmoticonEmoticon